Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada

Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada

Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada ?

Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada

Nyeri dada mengacu pada rasa sakit yang dirasakan dimana saja di daerah dada dari tingkat bahu sampai ke bagian bawah tulang rusuk Anda. Ini adalah gejala yang umum. Ada banyak penyebab nyeri dada. Sering kali sulit untuk mendiagnosa penyebab pasti nyeri dada tanpa melakukan beberapa tes dan investigasi.

Penting untuk mengambil sakit dada dengan serius karena terkadang dapat mengindikasikan masalah mendasar yang serius. Setiap nyeri dada yang baru, parah, atau menetap harus didiskusikan dengan dokter. Hal ini sangat penting jika Anda orang dewasa dan memiliki riwayat penyakit jantung atau paru-paru. Jika nyeri dada sangat parah, terutama jika memancar ke lengan atau rahang Anda, Anda merasa sakit, merasa berkeringat atau menjadi sesak napas, ini bisa jadi gejala serangan jantung.

Komplikasi serangan jantung (nyeri dada) meliputi:

Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada1. Aritmia

Seseorang dengan aritmia memiliki denyut jantung abnormal atau irama jantung. Impuls listrik merangsang serabut otot di jantung berkontraksi. Kelainan atau gangguan pada impuls bisa menyebabkan aritmia jantung.

2. Gagal Jantung Kongestif

Seseorang dengan gagal jantung kongestif memiliki hati yang lemah sehingga tidak mampu memompa cukup darah untuk memenuhi kebutuhan jaringan di tubuh. Penyebab umum gagal jantung kongestif meliputi diabetes, hipertensi, aritmia jantung, dan penyakit arteri koroner. Gagal jantung kongestif dapat mempengaruhi ventrikel kanan, ventrikel kiri, atau kedua ventrikel jantung.

3. Sindrom Dressler

Sindrom Dressler adalah suatu kondisi yang bisa terjadi setelah serangan jantung . Biasanya berkembang beberapa hari sampai beberapa minggu setelah serangan jantung . Seseorang dengan sindrom Dressler mengalami peradangan pada perikardium, kantung yang mengelilingi jantung. Peradangan pada pericardium disebut pericarditis . Sindroma Dressler dianggap sebagai penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi tidak normal ke bagian tubuh lainnya (perikardium).

4. Infark Miokard

Seseorang dengan serangan jantung mengalami kerusakan pada otot jantung, yang disebabkan oleh kekurangan oksigen. Kurangnya oksigen disebabkan oleh penyumbatan tiba-tiba pada arteri yang memasok darah ke otot jantung. Serangan jantung paling sering terjadi pada mereka yang memiliki pengerasan arteri, disebut aterosklerosis.

5. Regurgitasi Mitral

Seseorang dengan regurgitasi mitral memiliki katup mitral yang bocor. Katup mitral normal memungkinkan darah mengalir dari atrium kiri, ke ventrikel kiri. Katup mitral menutup untuk mencegah aliran balik darah dari ventrikel kiri ke atrium kiri. Hasil regurgitasi mitral saat katup mitral tidak menutup sepenuhnya, karena jaringan parut, penebalan, atau malformasi katup. Darah bocor dari ventrikel kiri, ke atrium kiri. Penyebab umum regurgitasi mitral meliputi prolaps katup mitral dan serangan jantung. Regurgitasi mitral yang parah dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

6. Emboli Paru

Embolisme adalah bekuan yang bergerak melalui aliran darah. Seseorang dengan emboli paru memiliki bekuan darah yang menghalangi aliran darah melalui arteri di paru-paru. Pada kebanyakan kasus, bekuan darah terbentuk di ekstremitas bawah, dan kemudian berjalan ke paru-paru melalui aliran darah. Emboli paru mencegah darah mencapai bagian paru-paru. Darah ini tidak bisa mengambil oksigen, yang mengurangi jumlah oksigen dalam aliran darah. Sekitar 700.000 orang mengembangkan embol paru setiap tahun di AS.

7. Fibrilasi Ventrikel

Seseorang dengan fibrilasi ventrikel memiliki irama jantung yang sangat abnormal yang mengancam kehidupan. Fibrilasi ventrikel paling sering merupakan komplikasi langsung dari serangan jantung. Selama fibrilasi ventrikel, jantung berdenyut dalam mode yang tidak terorganisir karena impuls tak menentu yang cepat di dalam ventrikel. Selama fibrilasi ventrikel tidak ada pemompaan darah yang efektif sehingga ketidaksadaran (dan kematian) segera terjadi. (sumber: freemd.com).

Baca juga: Cara Alami Mengobati Sakit Dada

Posted by: Ragam Obat Herbal

Apa Saja Komplikasi Masalah Nyeri Pada Dada ?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *