Kesehatan

Berikut Ini Penanganan Diare Pada Anak Di Rumah

Selamat datang di situs kesehatan Ragam Obat Herbal . Baiklah, mungkin  Anda sebagai ibu rumah tangga yang sudah mempunyai anak sudah tidak asing lagi dengan masalah diare pada anak. Karena, masalah diare sangat sering terjadi apa anak-anak dibandingkan pada orang dewasa. Nah disini kami akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi diare secara alami di rumah.

Berikut Ini Penanganan Diare Pada Anak Di Rumah

Berikut Ini Penanganan Diare Pada Anak Di Rumah

Diare adalah penyebab utama kematian pada anak kecil dan menyumbang 9% dari semua kematian di antara anak-anak berusia kurang dari lima tahun, meningkat menjadi sekitar 1.400 anak setiap hari.

Diare merupakan seringnya buang air besar, berair, biasanya tiga sampai empat kali sehari. Diare bisa menandakan adanya infeksi saluran cerna (gastrointestinal infection / GI) atau penyakit. Ini adalah salah satu cara tubuh mengusir kuman, infeksi, dan lendir yang tidak diinginkan atau berlebih dari tubuh.

Diare lebih sering terjadi pada anak-anak daripada pada orang dewasa, karena yang pertama lebih rentan terhadap kuman karena sistem kekebalannya berkembang. Diare bisa akut atau parah, dimana diare akut berlangsung tidak lebih dari seminggu. Diare berat atau berkepanjangan berlangsung lebih lama dan bisa mengindikasikan penyakit yang mendasarinya.

Yang lebih parah lagi, diare bisa menyebabkan dehidrasi, membuat anak lemah. Dan dehidrasi berat mungkin memerlukan rawat inap!
Jadi apa yang benar-benar harus Anda ketahui adalah apa yang menyebabkan diare pada anak-anak dan bagaimana Anda bisa menghentikannya.

Pengobatan Diare Untuk Anak Anak

Pengobatan untuk diare pada anak tergantung pada apa yang menyebabkannya. Pada kebanyakan kasus diare akut, penambahan cairan adalah satu-satunya perawatan yang dibutuhkan. Obat mungkin diperlukan dalam beberapa kasus untuk menghentikan diare dan mencegah kelebihan cairan tubuh jika kondisinya terus berlanjut selama lebih dari 24 jam.

Berikut Ini Penanganan Diare Pada Anak Di Rumah

Penanganan Di Rumah Untuk Diare Pada Anak

Seperti disebutkan sebelumnya, kebanyakan kasus diare bisa diobati melalui makanan sehat yang terdiri dari cairan dan makanan padat yang mudah di usus. Tapi jika Anda ingin tahu bagaimana cara menghentikan diare pada anak-anak, Anda harus membaca tentang pengobatan di rumah, berikut ini penjelasan nya:

  • Jahe bisa menghentikan diare dan juga menghilangkan bakteri atau parasit yang menyebabkan infeksi di perut. Rebus tangkai jahe kecil di secangkir air. Berikan pada anak itu saat ia mendingin. Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu untuk mempermanis jus untuk anak.
  • Lemon memiliki sifat antibakteri dan bisa bekerja dengan baik dalam mengobati diare. Segelas jus lemon, tiga sampai empat kali sehari, bisa menetralkan bakteri penyebab diare.
  • Kentang memiliki pati yang bisa mengeras tinja dan mencegah tinja berair yang sering, dan karenanya mengalami dehidrasi.
  • Cairan berlemak dari nasi putih rebus atau nasi putih juga bisa diberikan kepada anak untuk menghentikan diare. Tambahkan air ekstra saat mendidih nasi. Setelah nasi matang, tiriskan air ke dalam gelas, tambahkan sedikit garam ke dalamnya dan berikan pada anak itu.
  • Teh hitam memiliki asam tanat yang bisa menenangkan perut yang sakit dan meredakan gejala diare. Berikan anak dua sampai tiga cangkir teh hitam (non-berkafein) sehari, untuk meringankan kondisi.
  • Teh kamomil dapat membantu melawan infeksi perut, yang menjadikannya obat rumah yang sangat baik untuk diare pada anak-anak. Rebus sendok makan chamomile dalam secangkir air. Setelah dingin, saring dan berikan pada anak untuk diminum dua atau tiga kali sehari.
  • Yogurt adalah probiotik alami dengan bakteri baik yang bisa meredakan gejala diare akibat infeksi bakteri.
  • Biji fenugreek memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi dan dapat membantu mengurangi gejala diare. Rebus dua gelas air dengan sesendok biji fenugreek, saring, dan biarkan dingin. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya dan berikan sedikit air pada si kecil.
  • Pisang memiliki potasium dan pektin yang membantu pengerasan tinja. Dengan mempertahankan air di dalam tubuh, ia juga mengembalikan jumlah elektrolit.

Kayu manis dan kulit jeruk juga bisa dicampur dengan air dan diberikan pada anak untuk menghentikan diare. Obat terbaik untuk diare pada anak-anak adalah memberi mereka banyak cairan dan makanan sehat yang terdiri dari makanan yang menghentikan diare. Pastikan anak juga mendapat banyak istirahat untuk mengembalikan energi, dan kembali bangkit lebih cepat. Diare adalah gejala yang dapat disembuhkan saat dirawat sejak dini. (Sumber: momjunction.com)

Berikut Ini Penanganan Diare Pada Anak Di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *