Artikel Kesehatan / Kesehatan / Obat Herbal Alami

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare Pada Anak

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare Pada Anak

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare Pada Anak

Jambu Biji (Psidium Guajava L) adalah buah yang diduga memiliki rahim banak sekaligus merupakan khasiat yang baik bagi tubuh. Selain rasanya yang enak untuk dimakan dan dijadikan jus, jambu biji juga mengandung vitamin C yang lebih tinggi dibanding buah lainnya. Jambu biji juga memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh kalori, vitamin A (karoten), vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, air, fosfor, protein dan rendah lemak.

Perlu Anda ketahui, selain buah jambu yang kaya nutrisi ini, daun jambu biji juga mengandung banyak nutrisi seperti minyak astiri, asam psidiolat, asam urat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan beberapa vitamin. Daun jambu biji juga memiliki berbagai manfaat, diantaranya diare, kontrol kolesterol, diabetes dan pengaruhnya pada kardiovaskular. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah manfaat daun jambu biji untuk mengobati diare.

Manfaat Menakjubkan Daun Jambu Biji Untuk Diare

Baiklah, mari kita sama sama ketahui Apa Itu Diare ?

Diare adalah gejala tinja encer yang dikeluarkan, seiring dengan meningkatnya frekuensi buang air besar (BAB) yang terjadi selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Diare umumnya disebabkan oleh konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi bakteri, virus atau parasit. Selain itu, diare juga bisa disebabkan oleh keracunan makanan, gangguan perut, stres, kelelahan tubuh, sakit maag dan sebagainya.

Sekarang, kita bahas tentang manfaat daun jambu biji untuk diare :

Daun jambu biji dianggap sebagai salah satu obat diare karena memiliki anti diare, terutama disebabkan oleh infeksi. Ini karena daun jambu biji mengandung zat flovanoid, di mana ada quercetin glikosida yang bisa menghambat atau mengurangi buang air besar.

Kandungan zat lainnya, yaitu Tannin juga berguna untuk mengecilkan pori-pori usus yang membuat air mengalir ke usus besar berkurang sehingga membuat tinja menjadi keras. Kandungan Tannin pada daun jambu biji cukup besar, sebesar 17% dan ditandai dengan adanya rasa pahit saat dikunyah. Tannin juga berguna sebagai penghambat pertumbuhan mikroorganisme di perut yang menyebabkan reaksi diare, penghambat toksin dalam sistem pencernaan dan menumpuk protein.

Rebusan daun jambu biji juga telah terbukti menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dan Staphylococcus auerus. Daun jambu biji diperkirakan dapat mengurangi pengeluaran tinja dan mengurangi sakit perut bagi penderita diare. Hal ini dibuktikan dengan beberapa penelitian yang telah dilakukan terhadap manfaat daun jambu biji, seperti:

Pada tahun 2008, penelitian yang dilakukan oleh Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo menemukan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab umum diare, seperti Staphylococcus auerus.
Pada tahun 2000, sebuah studi yang diterbitkan oleh Chinese Journal of Integrated Traditional and Western Medicine menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat mempercepat pemulihan dari diare infeksius.

Lalu, Bagaimana Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare Anak ?

Sebenarnya, dengan mengambil daun jambu muda secara langsung juga bisa membantu mengurangi diare. Tapi berikut ini disajikan resep yang bisa digunakan untuk mengobati diare dengan cara tertentu.

Berikut ini ada beberapa cara mengolah dan menyiapkan daun jambu biji untuk obat diare :

✓ Siapkan enam potong daun jambu biji dan 1 cangkir air matang, daun jambu ditumbuk sampai halus dan dimasukkan ke dalam 1 cangkir air matang. Peras air dan minum dua kali sehari
Mendidih

✓ Siapkan 3 lembar daun jambu biji dan 3 gelas air
Rebus 3 lembar daun jambu biji dalam 3 gelas air sampai tersisa satu cangkir. Saring dan minumlah air rebusan.

✓ Siapkan 30 gram daun jambu muda, 1 genggam tepung beras dan 1-2 gelas air putih, rebus semua bahan, saring dan minum dua kali sehari

✓ Ambil daun jambu muda, cuci dan berikan sedikit garam pada daun nya, lipat daun, lalu kunyah daun dan menelan lalu membuang air limbah buatan

Daun jambu biji dianggap cukup aman sebagai obat diare karena merupakan salah satu bahan alami dan menyehatkan. Dan itulah beberapa cara mengolah daun jambu biji untuk mengobati masalah diare secara alami. Semoga pembahasan artikel nya bermanfaat dan salam sehat. 🙂

Posted by: Ragam Obat Herbal

Cara Mengolah Daun Jambu Biji Untuk Diare Pada Anak

 

Baca juga artikel menarik lainnya: Cara Mengatasi Diare Pada Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *