Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Apa Itu Ginkgo Biloba ?
Ginkgo biloba adalah satu-satunya pohon yang bertahan di Zaman Es Utara. Ia tidak memiliki patogen yang diketahui dan daun juga buah memiliki senyawa yang berfungsi sebagai dilator serebrovaskular. Artinya ekstrak Ginko biloba bisa meningkatkan aliran darah ke otak, kepala dan mata. Karena kerusakan glaukoma dapat mengakibatkan tekanan mata tinggi atau aliran darah yang buruk ke mata (terutama di malam hari), bioflavonoid manjur ini dapat dimanfaatkan. Studi telah mengkonfirmasi peningkatan 24% aliran darah ke mata pada individu normal. Studi lain telah menunjukkan perbaikan di bidang visual pasien Glaukoma setelah mengkonsumsi ekstrak Ginko dua kali sehari.

Baru-baru ini, Xiao-xing Yin, Ph.D. telah menunjukkan bahwa ekstrak Ginkgo biloba menghalangi jalur enzimatik yang digunakan gula tinggi (gula) untuk menyebabkan katarak. Ekstrak herbal menghambat radikal bebas dan mungkin memiliki peran penting dalam terapi berbagai penyakit mata di masa depan. Ingat saja bahwa pohon gingko tidak memiliki patogen yang diketahui karena adanya pertahanan kimia.

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Degenerasi Makula dan Mencegah Detasemen Retina

Percobaan terkontrol telah menunjukkan bahwa ekstrak Ginkgo Biloba dapat secara signifikan memperbaiki ketajaman penglihatan pada pasien Age Related Macular Degeneration (ARMD) dalam waktu enam bulan penggunaan.

Baik penelitian hewan maupun manusia telah mengungkapkan bahwa ekstrak Ginkgo dapat membantu mencegah ablasi retina, sekaligus meningkatkan aktivitas antioksidan pada darah pasien, air mata dan plasma.

Manfaat Gingkgo Biloba Untuk Mengobati Glaukoma

Sejauh tahun 2003 ada bukti bahwa Ginkgo biloba bermanfaat dalam pengobatan glaukoma. Pasien dengan Glaukoma Ketegangan Normal (NGT) yang diberi ekstrak Ginkgo biloba 40mg tiga kali sehari (dosis harian 120mg) menunjukkan perbaikan jangka pendek pada bidang visual mereka dibandingkan dengan yang menggunakan plasebo. Tidak ada perbedaan dalam IOP yang dicatat, namun kenyataan bahwa kekurangan bidang visual yang ada sebelumnya menjadi lebih baik.

Pada akhir tahun 2013 sebuah penelitian dipublikasikan di Journal of Glaucoma yang mengevaluasi efek ekstrak Ginkgo biloba pada hilangnya bidang visual pada pasien dengan Normal Tension Glaukoma. Pasien ini diteliti rata-rata 12 tahun dan menggunakan ekstrak Ginkgo biloba paling sedikit selama empat tahun. Meskipun tidak ada efek pada tekanan intraokular (IOP), ada penurunan yang signifikan dalam tingkat kehilangan bidang visual pada pasien yang menggunakan ekstrak Ginkgo biloba.

Hasil ini cukup mengesankan karena kebanyakan studi hanya melihat IOP, sedangkan yang benar-benar kita minati adalah penglihatan yang menyelamatkan. Penelitian ini unik karena pengetahuannya hanya satu studi yang menunjukkan bahwa suplemen over-the-counter dapat secara efektif mengurangi tingkat kehilangan penglihatan jangka panjang pada pasien dengan glaukoma.

Maka dari itu, gingko biloba memiliki banyak manfaat potensial sebagai antioksidan kuat, dan pengaruhnya terhadap peningkatan sirkulasi dan bahkan fungsi otak.

Dosis yang dianjurkan: Ginkgo biloba ekstrak dapat ditemukan dalam banyak dosis. Dosis yang digunakan dalam penelitian di atas berkisar antara 40mg yang diminum tiga kali sehari (dosis harian 120mg) sampai 80mg dua kali sehari (dosis harian 160mg).

Berikut ini Efek Samping dan Risiko Ginkgo Biloba :

Dalam penelitian jangka panjang yang membandingkan ekstrak Ginkgo biloba dengan plasebo dalam pengobatan demensia, tidak ada perbedaan signifikan antara efek samping antara kedua kelompok. Penelitian lain, bagaimanapun, telah mencatat adanya hubungan dengan iritabilitas ringan, mual atau diare.

Posted by: Ragam Obat Herbal

Manfaat Ginkgo Biloba Untuk Mengobati Penyakit Mata

Baca juga artikel menarik lainnya:
Walatra Sehat Mata Softgel, Walatra Berry Juice

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *