Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Sindrom nefrotik adalah suatu kondisi dimana ‘filter’ di ginjal menjadi jumlah ‘bocor’ dan besar kebocoran protein dari darah ke dalam urin Anda. Gejala utama adalah retensi cairan (edema) yang terutama disebabkan oleh tingkat protein yang rendah dalam darah. Berbagai penyakit dapat menyebabkan sindrom nefrotik, beberapa lebih serius daripada yang lain. Pengobatan dan hasil (prognosis) bervariasi, tergantung pada penyebabnya. Penyebab umum pada anak-anak (penyakit minimal-perubahan) biasanya merespon sangat baik terhadap pengobatan.

Pemahaman Ginjal dan Urin

Ginjal bahan limbah yang jelas dari tubuh dan menjaga keseimbangan normal cairan dan zat kimia dalam tubuh.

Kedua ginjal terletak pada sisi perut bagian atas (perut), di belakang usus, dan di kedua sisi tulang belakang. Ginjal lebih tinggi dalam tubuh daripada orang bayangkan – dari belakang mereka benar-benar sebagian dilindungi oleh tulang rusuk terendah. Ginjal bergerak sedikit dengan perubahan posisi tubuh Anda dan dengan gerakan diafragma dengan pernapasan.

Setiap ginjal adalah tentang ukuran jeruk besar, tapi kacang-berbentuk.

Ginjal adalah kata medis deskriptif, yang berarti ‘berhubungan dengan ginjal’. Misalnya, seorang dokter ginjal adalah dokter yang terlihat setelah orang-orang dengan ginjal (renal) penyakit (disebut ‘obat ginjal’).

Baca juga: Pengobatan Ginjal Bocor Pada Anak.

Apa Sindrom Nefrotik ?

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak AnakSindrom nefrotik bukanlah penyakit tunggal, itu adalah sindrom. Sindrom adalah seperangkat gejala dan tanda-tanda yang cenderung terjadi bersama-sama, dan yang dapat disebabkan oleh satu atau lebih penyakit yang berbeda. Sindrom nefrotik dapat disebabkan oleh banyak penyakit yang berbeda, beberapa lebih serius daripada yang lain.

Fitur utama dari sindrom nefrotik adalah bahwa ginjal bocor banyak protein. Biasanya, urin mengandung hampir tidak ada protein. Pada sindrom nefrotik urin mengandung sejumlah besar protein. Apa yang terjadi adalah bahwa filter pada ginjal (glomeruli) menjadi ‘bocor’ dan protein, bukannya tersisa dalam darah, bocor keluar ke dalam urin. Protein dalam urin disebut proteinuria.

Apa Penyebab Sindrom Nefrotik ?

Berbagai penyakit dapat mempengaruhi glomeruli dan dapat mengakibatkan sindrom nefrotik. Berikut ini memberikan gambaran singkat dari yang utama:

Penyakit Perubahan Minimal

Nama ‘perubahan minimal’ berasal dari fakta bahwa hampir tidak ada perubahan terdeteksi dalam glomeruli jika sampel ginjal dilihat di bawah mikroskop. Meskipun glomeruli terlihat normal di bawah mikroskop, tampaknya ada beberapa perubahan kecil dalam glomeruli yang memungkinkan kebocoran protein. Penyebab penyakit perubahan minimal tidak jelas. Mungkin ada hubungannya dengan sedikit perubahan dalam sistem kekebalan tubuh, atau mungkin reaksi dari bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk beberapa faktor tak dikenal.

Penyakit perubahan minimal menyebabkan sekitar 9 dari 10 kasus sindrom nefrotik pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. Hal ini menyebabkan sekitar 1 dari 5 kasus sindrom nefrotik pada orang dewasa. Ini biasanya merespon dengan baik terhadap pengobatan dengan obat steroid dan tidak menyebabkan gagal ginjal dalam banyak kasus.

Baca juga: Obat Ginjal Bocor (Dewasa).

Nefropati Membranosa

Hal ini kadang-kadang disebut nephritis membran atau glomerulonefritis membranosa. Ini merupakan penyebab umum dari sindrom nefrotik pada orang dewasa. Hal ini jarang menyebabkan pada anak-anak.

Glomerulosklerosis Fokal Segmental (FSGS)

Ini adalah suatu kondisi dimana bekas luka kecil (sclerosis) mengembangkan pada beberapa glomeruli. Penyebabnya tidak diketahui dalam banyak kasus. Namun, reaksi dari sistem kekebalan tubuh untuk sesuatu, atau untuk berbagai hal yang berbeda, diduga menjadi penyebabnya. menyumbang FSGS hingga 1 dalam 10 kasus sindrom nefrotik pada anak-anak tetapi persentase yang lebih tinggi dari kasus pada orang dewasa.

Gangguan Lain Glomeruli

Ada berbagai gangguan ginjal jarang lainnya, yang terutama mempengaruhi glomeruli, yang dapat mengakibatkan sindrom nefrotik. Misalnya, glomerulonefritis membranoproliferative, mesangial glomerulonefritis proliferatif, fibrillary glomerulosklerosis, diffuse mesangial sclerosis, IgM mesangial nefropati. Penyebab beberapa kondisi ini tidak jelas. Namun, beberapa mungkin disebabkan oleh reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kerusakan pada bagian tertentu dari glomeruli atau sel terdekat.

Baca juga: Obat Gagal Ginjal.

Kondisi Umum Lainnya

Sebuah komplikasi dari beberapa kondisi yang lebih umum lainnya dapat menyebabkan kerusakan glomeruli, mengakibatkan sindrom nefrotik. Misalnya, sindrom nefrotik merupakan komplikasi yang mungkin dari diabetes, lupus eritematosus sistemik (SLE), rheumatoid arthritis, poliarteritis nodosa, Henoch-Schonlein purpura, berbagai infeksi, beberapa jenis kanker dan amiloidosis. Hal ini juga dapat terjadi sebagai efek samping dari obat-obatan tertentu, dan sebagai konsekuensi dari berbagai racun atau toksin.

Sumber: http://patient.info/health/nephrotic-syndrome-leaflet

Itulah beberapa penjelasan tentang penyebab ginjal bocor pada anak anak, semoga pembahasan artikelnya bermanfaat dan salam sehat.

Informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak dimaksudkan untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping. Informasi ini mungkin tidak sesuai dengan keadaan kesehatan tertentu Anda.

Baca juga: Pengobatan Sindrom Nefrotik.

Posted by: Ragam Obat Herbal

Penyebab Ginjal Bocor Pada Anak Anak

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *