Kesehatan

Berikut Ini Beberapa Gejala Penyakit Herpes Genital

Berikut Ini Beberapa Gejala Penyakit Herpes Genital

Apa Itu Penyakit Herpes Genital ?

Penyakit Herpes Genital adalah infeksi akut (STD= sexually transmitted disease), yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex (terutama HSV= Herpes Simplex Virus type II), ditandai dengan timbulnya vesikula (vesikel= peninggian kulit berbatas tegas dengan diameter kurang dari 1 cm dan dapat pecah menimbulkan infeksi seperti koreng kecil) pada permukaan mukosa kulit, bergerombol di atas dasar kulit yang berwarna kemerahan.

Saat ini dikenal dua macam herpes yakni herpes zoster dan herpes simpleks. Kedua herpes ini berasal dari virus yang berbeda. Herpes zoster disebabkan oleh virus varicella zoster. Zoster tumbuh dalam bentuk ruam memanjang pada bagian tubuh kanan atau kiri saja. Jenis yang kedua adalah herpes simpleks, yang disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV). HSV sendiri dibedakan menjadi dua jenis, yaitu HSV-1 yang umumnya menyerang bagian badan dari pinggang ke atas sampai di sekitar mulut (herpes simpleks labialis), dan HSV-2 yang menyerang bagian pinggang ke bawah. Sebagian besar herpes genitalis disebabkan oleh HSV-2, walaupun ada juga yang disebabkan oleh HSV-1 yang terjadi akibat adanya hubungan kelamin secara orogenital, atau yang dalam bahasa sehari hari disebut dengan oral seks, serta penularan melalui tangan.

Berikut Ini Beberapa Gejala Penyakit Herpes Genital

Gejala Penyakit Herpes Genital

Herpes genitalis primer memiliki mas inkubasi antara 3-7 hari. Gejala yang timbul dapat bersifat berat tetapi bisa juga tidak tampak, terutama apabila lukanya berada di daerah mulut rahim pada perempuan.

Pada awalnya, gejala ini didahului oleh rasa terbakar beberapa jam sebelumnya pada daerah dimana akan terjadi luka. Setelah luka timbul, penderita akan merasakan gejala seperti tidak enak badan, demam, sakit kepala, kelelahan, serta nyeri otot.

Luka yang terjadi berbentuk vesikel atau seperti gelembung – gelembung. Kemudian kulit tampak kemerahan dan munculah vesikel yang bergerombol dengan ukuran yang sama besar. Vesikel yang berisi cairan ini mudah pecah sehingga menimbulkan luka yang melebar. Bahkan ada kalanya kelenjar getah bening di sekitarnya membesar dan terasa nyeri bila diraba.

Pada pria gejala akan tampak lebih jelas karena tumbuh pada kulit bagian luar kelenjar penis, barang jenis, buah zakar atau daerah anus.

Sebaliknya, pada wanita gejala itu sulit terdeteksi karena letaknya tersembunyi. Herpes genitalis pada wanita biasanya menyerang bagian labia majora, labia minora, klitoris, malah acap kali leher rahim (serviks) tanpa gejala klinis. Dan gejala seperti itu sering di sertai nyeri pada saluran kencing.

Namun, jika seorang pria telah terinfeksi herpes genital, ada tanda dan gejala umum yang biasa terjadi diantaranya adalah :

1. Kesemutan dan gatal-gatal di daerah alat kelamin

Kesemutan dan gatal di daerah kelamin merupakan gejala herpes genital yang paling umum. Hal ini disebabkan virus sudah merusak jaringan kulit yang ada di kelamin dan menyebabkan gatal-gatal atau seperti kesemutan.

2. Timbulnya benjolan Pada penis atau daerah genital yang berisi cairan

Benjolan ini bisa sekecil jerawat namun banyak. Benjolan ini jika pecah dapat menyebabkan luka perih pada kulit. Luka ini akan menyebabkan luka kering seperti koreng setelah beberapa hari.

3. Gejala mirip penyakit flu, seperti demam, kelelahan, pusing kepala juga anggota badan terasa sakit dan linu.

Gejala herpes genital yang satu ini, menyebabkan para penderitanya tidak menyadari bahwa mereka sudah terinfeksi virus herpes. Karena gejalanya hampir sama dengan gejala penyakit flu. Setelah sembuh dari gejala ini, biasanya penderita melakukan hal-hal yang dapat menularkan virus herpes genital. Hal inilah yang membuat penyakit herpes genital menyebar.

4. Pembengkakkan kelenjar getah bening yang berada di selangkangan

Terjadinya pembengkakkan pada daerah selangkangan disebabkan oleh virus herpes genital yang menyerang daerah genital saja. Namun jika pembengkakkan terjadi di daerah lain, bisa jadi berbeda jenis virus herpes nya.

5. Nyeri atau terasa seperti terbakar saat buang air kecil

Virus herpes genital merupakan virus yang menyerang daerah genital atau alat kelamin. Karena itu nyeri saat buang air kecil merupakan salah satu gejalanya. (Karya tulis: Obi Andareto)

Baik itulah merupakan beberapa gejala penyakit herpes genital, maka dari itu kita harus waspada. Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat. Jika ada yang ini ditanyakan silahkan beri komentar dibawah. 🙂

Posted by: Ragam Obat Herbal

Berikut Ini Beberapa Gejala Penyakit Herpes Genital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *