Kesehatan

Cara Mencegah Penularan Penyakit Sipilis Secara Alami

Cara Mencegah Penularan Penyakit Sipilis Secara Alami

Penyakit sipilis ini dapat menimbulkan efek serius seperti kerusakan sistem syaraf, jantung, atau otak. Selain itu, luka-luka mengerikan juga bisa terjadi di mulut, daerah sekitar kelamin, dan bahkan di seluruh tubuh penderita penyakit sipilis pada tingkat yang parah.

Cara Mencegah Penularan Penyakit Sipilis Secara Alami

Penularan Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis adalah penyakit yang telah lama dikenal akibat hubungan seks yang bebas dan berganti-ganti pasangan. Sipilis merupakan jenis penyakit yang sangat berbahaya dan bersifat menular karena diakibatkan oleh jenis bakteri.

Sipilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, atau lebih dikenal dengan nama Treponema pallidum. bakteri ini berbentuk spiral, yang merupakan bakteri motil atau bakteri yang dapat bergerak, yang umumnya menginfeksi melalui kontak seksual langsung. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh inang melalui celah diantara sel epitel.

Selain melalui hubungan seksual, sipilis bisa menular kepada janin oleh ibu yang menderita penyakit sipilis. Struktur tubuh bakteri penyebab sipilis treponema pallidum yang berbentuk heliks memungkinkan untuk bergerak dengan pola gerakan yang khas untuk bergerak di dalam medium kental seperti lendir (mucus). Dengan demikian organisme ini dapat mengakses sistem peredaran darah dan getah bening inang melalui jaringan dan membran mucosa.

Bakteri sipilis juga bisa menginfeksi bayi yang ada dalam kandungan. Mengenai akibatnya, ini tergantung pada berapa lama ibu hamil terinfeksi sipilis. Ibu yang sedang hamil juga beresiko tinggi melahirkan dengan kondisi bayi cacat bahkan meninggal. Jika tidak segera ditangani, sipilis akan menjadi penyakit yang serius hanya dalam waktu beberapa minggu.

Cara Mencegah Penularan Penyakit Sipilis

Tubuh yang terinfeksi akan memproduksi antibody yang dapat dideteksi dalam darah. Kadar rendah antibodi dapat bertahan dalam darah dalam hitungan bulan atau tahun bahkan setelah penyakit sipilis sembuh. Karena sipilis dapat menginfeksi bayi dalam kandungan , maka ibu hamil disarankan untuk melalukan tes darah. Penderita sipilis yang masih dalam tahap perawatan harus berhenti melakukan hubungan seksual sampai luka-lukanya sembuh sempurna. Penderita sipilis juga harus menginformasikan keoada pasangannya, sehingga pasangannya dapat melakukan tes sipilis dan segera diobati bila ternyata juga terkena infeksi sipilis.

Baca juga artikel menarik lainnya: Faktor Penyebab Dan Gejala Klinis Penyakit Sifilis

Lalu bagaimana Cara Pencegahan Agar Tidak Terkena atau Tertular Penyakit Sipilis ?

Cara mencegah penyakit sipilis dilakukan untuk menghindari tertularnya penyakit sipilis. Pencegahan sipilis sebagai penyakit menular seksual adalah dengan tidak melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Karena, hampir semua jenis penyakit menular seksual ditularkan melalui hubungan seksual yang tidak aman.

Ada beberapa cara pencegahab penyakit sipilis, berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Berhenti melakukan kontak seksual dalam jangka waktu lama
  2. Memiliki satu pasangan tetap untuk melakukan hubungan seksual
  3. Menghindari alkohol dan obat-obatan terlarang
  4. Membicarakan secara terbuka mengenai riwayat penyakit kelamin yang dialami bersama pasangan
  5. Biasakan menggunakan kondom bila harus berhubungan seksual dengan orang yang tidak dikenal

Itulah beberapa informasi tentang penyakit sipilis yang menular dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat. Dan jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar dibawah. 🙂

Posted by : Ragam Obat Herbal

Cara Mencegah Penularan Penyakit Sipilis Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *