Kesehatan

Faktor Resiko Dan Cara Mencegah Penyakit PPOK

Faktor Resiko Dan Cara Mencegah Penyakit PPOK

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah jenis penyakit paru obstruktif yang ditandai dengan masalah pernapasan jangka panjang dan aliran udara yang buruk. Gejala utama termasuk sesak nafas dan batuk dengan produksi sputum. Penyakit paru obstruktif kronik adalah penyakit progresif, yang berarti biasanya memburuk seiring waktu. Pada akhirnya, aktivitas sehari-hari, seperti berjalan atau berpakaian, menjadi sulit. Bronkitis kronis dan emfisema adalah istilah lama yang digunakan untuk berbagai jenis PPOK. Istilah “bronkitis kronis” masih digunakan untuk menentukan batuk produktif yang hadir setidaknya selama tiga bulan setiap tahun selama dua tahun.

Faktor Resiko Dan Cara Mencegah Penyakit PPOK

Kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh Penyakit paru obstruktif kronik adalah permanen, tetapi pengobatan dapat membantu memperlambat perkembangan kondisi.

Faktor Risiko Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Merokok adalah faktor risiko terbesar untuk penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), yang termasuk bronkitis kronis dan emfisema. Ini meningkatkan risiko Anda berdua berkembang dan mati dari Penyakit paru obstruktif kronik. Sekitar 85 hingga 90 persen kasus PPOK disebabkan oleh merokok. Perokok wanita hampir 13 kali lebih mungkin meninggal akibat Penyakit paru obstruktif kronik karena wanita yang tidak pernah merokok. Perokok laki-laki hampir 12 kali lebih mungkin meninggal akibat Penyakit paru obstruktif kronik sebagai laki-laki yang tidak pernah merokok.

Faktor Risiko Lainnya Untuk PPOK Meliputi:

✓ Paparan polusi udara
✓ Menghirup asap rokok bekas
✓ Bekerja dengan bahan kimia, debu dan asap
✓ Kondisi genetik yang disebut defisiensi Alpha-1
✓ Riwayat infeksi pernafasan masa kanak-kanak

Cara Mencegah Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Penyakit paru obstruktif kronik sebagian besar merupakan kondisi yang dapat dicegah. Anda dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan Anda mengembangkannya jika Anda menghindari merokok.

Jika Anda sudah merokok, berhenti dapat membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada paru-paru Anda sebelum mulai menyebabkan gejala yang menyusahkan.

Jika Anda khawatir akan mendapatkan Penyakit paru obstruktif kronik, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri Anda.

  • Jika Anda seorang perokok, BERHENTI MEROKOK . Berhenti merokok adalah hal paling penting yang dapat dilakukan seorang perokok untuk hidup lebih lama dan lebih sehat. American Lung Association memiliki banyak program untuk membantu Anda berhenti untuk selamanya .
  • Jika Anda tidak merokok, jangan mulai. Merokok menyebabkan Penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru , penyakit jantung dan kanker lainnya.
  • Hindari paparan asap rokok bekas. Buat smokefree rumah Anda. Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga keluarga Anda. Pelajari tentang hak Anda terhadap lingkungan yang tidak merokok di tempat kerja dan di tempat umum.
  • Waspadailah bahaya lain. Berhati-hatilah untuk melindungi diri terhadap bahan kimia, debu dan asap di rumah dan di tempat kerja.
  • Bantu berjuang untuk mendapatkan udara bersih. Bekerja dengan orang lain di komunitas Anda untuk membantu membersihkan udara yang Anda dan keluarga Anda hirup.

Baiklah , informasi ini dimaksudkan untuk melengkapi, bukan menggantikan saran dari dokter atau kesehatan penyedia dan tidak dimaksudkan untuk mencakup semua kemungkinan penggunaan, tindakan pencegahan, interaksi atau efek samping. Semoga artikel nya bermanfaat dan salam sehat. (Berikut kami lansir dari www.nhs.uk lung.org)

Posted by : Ragam Obat Herbal

Faktor Resiko Dan Cara Mencegah Penyakit PPOK

Baca juga artikel menarik lainnya :
Walatra Sehat Mata Softgel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *