Kesehatan

Inilah Penyebab Dan Gejala PPOK Yang Jarang Diketahui

Inilah Penyebab Dan Gejala PPOK Yang Jarang Diketahui

Inilah Penyebab Dan Gejala PPOK Yang Jarang Diketahui

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) adalah penyakit paru-paru peradangan kronis yang menyebabkan aliran udara terhalang dari paru-paru. Gejala termasuk kesulitan bernapas, batuk, produksi lendir (dahak) dan mengi. Ini disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap gas atau partikel yang mengiritasi, paling sering dari asap rokok. Orang ynag mengidap penyakit paru obstruktif kronik memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung, kanker paru-paru dan berbagai kondisi lainnya.

Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Penyebab utama penyakit paru obstruktif kronik di negara-negara maju adalah merokok tembakau. Di negara berkembang, Penyakit paru obstruktif kronik sering terjadi pada orang yang terpapar asap dari pembakaran bahan bakar untuk memasak dan pemanasan di rumah yang berventilasi buruk.

Hanya sekitar 20 hingga 30 persen perokok kronis yang dapat mengalami PPOK secara klinis, meskipun banyak perokok dengan riwayat merokok lama dapat mengembangkan fungsi paru-paru yang berkurang. Beberapa perokok mengembangkan kondisi paru yang kurang umum. Mereka mungkin salah didiagnosis menderita Penyakit paru obstruktif kronik sampai evaluasi yang lebih menyeluruh dilakukan.

Gejala Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Gejala Penyakit paru obstruktif kronik sering tidak muncul sampai kerusakan paru-paru yang signifikan telah terjadi, dan biasanya memburuk dari waktu ke waktu, terutama jika paparan rokok terus berlanjut. Untuk bronkitis kronis, gejala utamanya adalah produksi batuk dan lendir harian (sputum) setidaknya tiga bulan setahun selama dua tahun berturut-turut.

Berikut ini tanda dan gejala lain penyakit paru obstruktif kronik dapat meliputi:

 Sesak nafas, terutama saat aktivitas fisik
✓ Desah
✓ Ketegangan dada
✓ Harus membersihkan tenggorokan Anda terlebih dahulu di pagi hari, karena kelebihan lendir di paru-paru Anda
✓ Batuk kronis yang dapat menghasilkan lendir (dahak) yang mungkin jernih, putih, kuning atau kehijauan
✓ Blueness of the lips atau fingernail beds (sianosis)
✓ Infeksi saluran pernafasan yang sering
✓ Kekurangan energi
✓ Penurunan berat badan yang tidak diinginkan (di tahap selanjutnya)
✓ Pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki atau kaki

Orang-orang dengan PPOK juga cenderung mengalami episode yang disebut eksaserbasi, di mana gejala mereka menjadi lebih buruk daripada variasi sehari-hari biasa dan bertahan setidaknya selama beberapa hari.

Pengobatan Penyakit Paru Obstruktif Kronik

Diagnosis Penyakit Paru Obstruktif Kronik bukanlah akhir dunia. Kebanyakan orang memiliki bentuk penyakit ringan yang memerlukan terapi kecil selain berhenti merokok. Bahkan untuk tahap penyakit yang lebih lanjut, terapi yang efektif tersedia yang dapat mengontrol gejala, mengurangi risiko komplikasi dan eksaserbasi, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk menjalani kehidupan yang aktif.

Dokter menggunakan beberapa jenis obat untuk mengobati gejala dan komplikasi PPOK . Anda dapat mengambil beberapa obat secara teratur dan yang lain sesuai kebutuhan. Salah satu obat nya yaitu QNC Jelly Gamat.

Posted by: Ragam Obat Herbal

Inilah Penyebab Dan Gejala PPOK Yang Jarang Diketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *