Artikel Kesehatan / Kesehatan

Penyebab Pencegahan Dan Komplikasi Penyakit Tuberkulosis

Selamat datang di situs kesehatan Ragam Obat Herbal . Baiklah, dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang “Penyebab Pencegahan Dan Komplikasi Penyakit Tuberkulosis”.

Penyebab Pencegahan Dan Komplikasi Penyakit Tuberkulosis

Penyebab Pencegahan Dan Komplikasi Penyakit Tuberkulosis

Tuberkulosis (TB) adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Mycobacterium tuberculosis. Bakteri biasanya menyerang paru-paru, tetapi mereka juga dapat merusak bagian lain dari tubuh.

TB menyebar melalui udara ketika seseorang dengan TB paru-paru atau batuk tenggorokan, bersin, atau berbicara. Jika Anda telah terpapar, Anda harus pergi ke dokter untuk tes. Anda lebih mungkin untuk terkena TBC jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Apa Yang Menyebabkan Tuberkulosis ?

Penyebab Tuberkulosis (TB) – Bakteri Mycobacterium tuberculosis menyebabkan Tuberkulosis. Ini menyebar melalui udara ketika seseorang dengan Tuberkulosis (yang paru-parunya terkena) batuk, bersin, tawa, atau pembicaraan.

Tuberkulosis menular, tetapi tidak mudah untuk ditangkap. Kemungkinan menangkap Tuberkulosis dari seseorang yang tinggal atau bekerja dengan Anda jauh lebih tinggi daripada dari orang asing. Kebanyakan orang dengan Tuberkulosis aktif yang telah menerima perawatan yang tepat setidaknya selama 2 minggu tidak lagi menular.

Pencegahan Tuberkulosis (TB)

Jika Anda memiliki TB aktif, masker wajah dapat membantu menurunkan risiko penyebaran penyakit ke orang lain. Beberapa langkah umum dapat diambil untuk mencegah penyebaran TB aktif.

  1. Menghindari orang lain dengan tidak pergi ke sekolah atau bekerja.
  2. Tidak tidur di ruangan yang sama dengan seseorang.
  3. Mengenakan masker, menutup mulut.

Komplikasi Penyakit Tuberkulosis (TB)

Jika tidak diobati, TB bisa berakibat fatal. Meskipun sebagian besar mempengaruhi paru-paru, itu juga dapat menyebar melalui darah, menyebabkan komplikasi, seperti:

  • Meningitis: pembengkakan selaput yang menutupi otak.
  • Nyeri tulang belakang.
  • Kerusakan sendi.
  • Kerusakan pada hati atau ginjal.
  • Gangguan jantung: ini lebih jarang.

Baiklah, itu merupakan beberapa penjelasan tentang masalah dengan penyakit tuberkulosis. Dan perlu Anda ketahui, dengan pengobatan yang tepat, sebagian besar kasus tuberkulosis dapat disembuhkan. Kasus TB telah menurun di seluruh dunia sejak tahun 1993, tetapi penyakit ini tetap menjadi perhatian. Tanpa perawatan yang tepat, hingga dua pertiga orang yang sakit tuberkulosis akan mati.

Semoga artikelnya bermanfaat dan salam sehat, jika ada yang mau ditanyakan silahkan beri komentar dibawah. 🙂

Penyebab Pencegahan Dan Komplikasi Penyakit Tuberkulosis

Baca juga artikel menarik lainnya :
Cara Mengobati Infeksi Tuberkulosis
Konsumsi Daun Seledri Dapat Menurunkan Darah Tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *